Lifestyle

Ukraina Hentikan Aliran Gas Alam Rusia, Eropa Barat Terancam


Rabu, 11 Mei 2022 – 23:58 WIB

VIVA – Ukraina menghentikan aliran fuel alam Rusia pada Rabu 11 Mei 2022, melalui salah satu pusat yang memasok fuel rumah dan industri Eropa Barat. Operator pipa fuel alam Ukraina mengatakan bahwa pihaknya akan menghentikan pengiriman fuel alam Rusia melalui hub di bagian timur Ukraina yang dikendalikan oleh separatis, termasuk penyedotan fuel.

Melansir dari AP, Rabu 11 Mei 2022, hub tersebut menangani sekitar sepertiga fuel Rusia yang melewati Ukraina ke Eropa Barat. Namun, efek langsung dari pemutusan aliran listrik kemungkinan akan terbatas karena sebagian besar fuel disalurkan melalui pipa lain.

VIVA Militer: Proses evakuasi jenazah warga sipil Ukraina di Kharkiv

VIVA Militer: Proses evakuasi jenazah warga sipil Ukraina di Kharkiv

Data aliran awal menunjukan bahwa efek itu sudah terjadi, meskipun perusahaan raksasa milik Rusia Gazprom mengidentifikasi jumlah fuel yang mengalir ke Eropa melalui Ukraina turun menjadi 25 persen dari hari sebelumnya.

Harga fuel berjangka di Eropa mengalami naik turun, yang berarti konsumen mungkin menghadapi tagihan energi yang lebih tinggi pada saat harga sudah naik.

Pemutusan hubungan ini menyoroti risiko yang lebih luas terhadap pasokan fuel dalam perang, dan memiliki makna simbolis karena pertama kali Ukraina mengganggu aliran ke Barat.

“Keputusan kemarin adalah pratinjau kecil dari apa yang mungkin terjadi, jika instalasi gas terkena tembakan langsung dan menghadapi risiko downtime yang diperpanjang,” kata analisis fuel Zongqiang Luo di Rystad Energy.



Source hyperlink

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close