Lifestyle

UIII Menerima Mahasiswa Baru Jalur Mandiri dan Beasiswa


Jumat, 20 Mei 2022 – 09:33 WIB

VIVA – Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) menerima mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023 melalui dua jalur, yakni jalur mandiri atau pembiayaan sendiri dan jalur beasiswa, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Rektor UIII Prof Dr Komaruddin Hidayat dalam keterangannya, mengatakan program admisi melalui jalur mandiri maupun beasiswa ini terbuka untuk warga negara Indonesia maupun asing yang mampu menunjukkan kualitas kepemimpinan dan latar belakang akademis yang kuat.

Program ini bertajuk “UIII Admissions for the 2022-2023 Academic Year” yang menawarkan program magister (MA) dan doktoral (Ph.D).

“Hal ini berbeda dengan penerimaan mahasiswa tahun 2021 yang hanya dibuka untuk program magister (MA),” katanya, Kamis (19/5).

Komaruddin mengatakan meskipun UIII merupakan kampus berlabel Islam, visi yang diusungnya bersifat inklusif dan common. Atas dasar itu, mahasiswa UIII bukan hanya yang beragama Islam, tetapi juga dari agama lain.

“Jalur beasiswa yang kami tawarkan juga bersifat non-diskriminatif. Oleh karena itu, saya mengajak anak-anak muda potensial dari seluruh dunia tanpa memandang latar belakang agama untuk tidak melewatkan kesempatan emas ini,” katanya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik, SDM dan Kemahasiswaan UIII Bahrul Hayat menjelaskan pendaftaran melalui jalur mandiri atau pembiayaan sendiri dibuka untuk memberi kesempatan kepada calon mahasiswa yang ingin belajar di kampus UIII dengan biaya mandiri.

Sedangkan untuk program beasiswa yang ditawarkan adalah beasiswa pemerintah Indonesia yang dikelola oleh UIII.

“Beasiswa ini dirancang untuk memberi bantuan beasiswa bagi warga negara Indonesia dan asing untuk mengambil program master dan doktoral di UIII,” katanya.

Ia menyebutkan periode beasiswa untuk program magister berlangsung selama 2 tahun dan jumlah beasiswa yang tersedia pada tahun akademik 2022/2023 sebanyak 200 mahasiswa.

Sedangkan untuk program doktor, jumlah beasiswa yang tersedia pada tahun akademik 2022/2023 sebanyak 100 mahasiswa.

“Beasiswa untuk program doktor berasal dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP),” katanya.

Ia mengatakan bahwa program beasiswa UIII merupakan bantuan keuangan untuk pelamar terpilih dan bersifat bebas ikatan.

Para pelamar dapat mengajukan lamaran untuk program magister (MA) atau doktor (Ph.D.) pada salah satu dari 4 fakultas di UIII, yakni Fakultas Studi Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Seluruh program akademik dan pembelajaran menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

Pada tahun 2021 UIII menerima 100 mahasiswa program magister dan semuanya mendapatkan beasiswa penuh dari UIII.

Untuk tahun akademik 2022/2023 ini UIII memberi kesempatan kepada para calon mahasiswa MA maupun Ph.D untuk mendaftar melalui jalur mandiri dengan biaya kuliah yang ditanggung sendiri. (antara)



Source hyperlink

Leave a Reply

Your email address will not be published.