News

Trik Yoga Wajah Agar Terlihat Lebih Muda


Ada beberapa bukti bahwa latihan wajah dapat memperbaiki penampilan wajah

REPUBLIKA.CO.ID, Ada banyak jenis otot di kedua sisi wajah pada tubuh manusia. Sampai saat ini belum ada alat tertentu yang diketahui dapat membantu memperkuat atau mengencangkan salah satu dari otot tersebut.

“Banyak orang menahan ketegangan di wajah mereka, dan yoga wajah dapat membantu meredakan ketegangan itu,” kata terapis fisik Sandra Gail Frayna kepada HuffPost, dikuti Senin (18/4/2022).

Latihan yoga yang berfokus pada wajah dapat membantu mencapai tampilan yang lebih ramping, karena membuat otot rileks, sehingga tampak lebih muda.

Ada beberapa bukti ilmiah yang membuktikan keefektifan latihan pengencangan wajah, atau juga dikenal sebagai yoga wajah. Selama penelitian lima bulan di Northwestern Medicine, program latihan wajah 30 menit setiap hari, mampu meningkatkan penampilan wajah wanita paruh baya, dan menghasilkan penampilan lebih muda, dengan pipi atas dan bawah yang lebih penuh.

“Ada beberapa bukti bahwa latihan wajah dapat memperbaiki penampilan wajah dan mengurangi beberapa tanda penuaan yang terlihat,” kata penulis utama Dr Murad Alam, wakil ketua dan profesor dermatologi di Northwestern University Feinberg School of Medicine

Peserta penelitian melakukan serangkaian 32 latihan, masing-masing dilakukan selama sekitar satu menit. Berikut adalah beberapa titik awal yang baik untuk yoga wajah:

Mengangkat pipi: Buka mulut hingga membentuk O, posisikan bibir atas di atas gigi, tersenyum untuk mengangkat otot pipi ke atas. Letakkan jari dengan ringan di bagian atas pipi, lepaskan otot pipi untuk menurunkannya, dan angkat kembali. Ulangi dengan menurunkan dan mengangkat pipi.

Gerakan pipi bahagia: Tersenyum tanpa memperlihatkan gigi, rapatkan bibir, senyum memaksa otot-otot pipi ke atas. Simpan jari-jari di sudut mulut dan geser ke atas pipi, tahan selama 20 detik.

Pose singa: Dermatologis Jeannette Graf merekomendasikan pose ini, dengan langkah awal, duduk dalam posisi yang nyaman. Condongkan tangan ke depan, dengan tangan terentang di lantai. Tarik napas dalam-dalam dan, saat menghembuskan napas, buka mulut m dan buat suara “haaa” yang keras, seperti auman singa. Buang napas sepenuhnya, arahkan lidah ke dagu. “Seiring waktu, Anda akan merasakan manfaatnya dalam pernapasan, chakra tenggorokan, leher, mata, dan kehalusan kulit,” katanya.

Tenang dan Konsisten: Elsa Jungman, Ahli  farmakologi kulit mengatakan masalah kulit juga terkait kesehatan psychological. Penelitian menunjukkan bahwa ketika seseorang sedang stres, maka akan menghasilkan kortisol, yang mempengaruhi kulit.

Melakukan latihan yoga wajah dapat sangat membantu. Tapi Jungman melihat latihan itu bukan sebagai latihan yang melelahkan dan lebih sebagai perawatan diri yang lembut. Ini lebih merupakan kesempatan untuk terhubung kembali dengan kulit Anda dan membantunya rileks. Di Prancis, negara asal Jungman, orang-orang tidak begitu intens melakukannya.


Dia merekomendasikan hanya beberapa menit berolahraga setiap hari. Di situs webnya, dia menawarkan video pendek latihan seperti Ear Pinch, Blowing Raspberry, dan Eye Victory. Bahkan ada Serum Ceremony, yaitu tentang mengaplikasikan produk dengan cara yang lebih hati-hati.

Seperti aktivitas terkait kesehatan lainnya, yoga wajah hanya akan berhasil jika terus dilakukan. Yoga wajah harus dilakukan secara konsisten, 20 hingga 30 menit per hari, enam hingga tujuh hari sepekan, mehurut dokter kulit Shilpi Khetarpal, profesor dermatologi di Klinik Cleveland. Selain itu, dibutuhkan setidaknya tiga hingga empat pekan sebelum kelihatan hasilnya.





Source hyperlink

Leave a Reply

Your email address will not be published.