Lifestyle

Tata Cara Sholat Idul Fitri Beserta Bacaan Niat dan Doa


Senin, 2 Mei 2022 – 04:00 WIB

VIVA – Setelah menjalakan ibadah puasa Ramadhan selama satu bulan penuh, umat Muslim di seluruh dunia akan melaksanakan sholat Idul Fitri atau sholat Id. Hukum shalat ini adalah sunnah muakkadah (sangat  dianjurkan) sejak disyariatkanya pada tahun kedua hijriah. 

Dilansir dari nu.or.id, Rasulullah SAW selalu melaksanakannya hingga beliau wafat dan dilanjutkan oleh umatnya sampai sekarang. Secara umum syarat dan rukun sholat Idul Fitri sama sebagaimana sholat fardhu lima waktu. 

Hanya, ada beberapa tambahan tekins yang sifatnya sunnah. Waktu sholat dimulai sejak matahari terbit sampai masuk waktu sholat dhuhur.

Berbeda dari sholat Idul Adha yang dianjurkan mengawalkan waktu untuk memberi kesempatan yang luas bagi masyarakat yang hendak berkurban selepas rangkaian sh0lat id, sholat Idul Fitri disunnahkan memperlambatnya. Hal ini untuk memberi kesempatan mereka yang belum berzakat fitrah.  

Berikut adalah tata cara sholat Idul Fitri.

1. Pertama adalah niat shoat Idul Fitri di dalam hati bersamaan dengan takbiratul ihram (membaca Allâhu akbar), dan disunnahkan untuk melafalkan niat sebelumnya. Berikut lafal niatnya,

Ushallî sunnatan li ‘îdil fithri rak’ataini ma’mûman (jika jadi imam pakai “imaman”) lillâhi ta’âlâ.    



Source hyperlink

Leave a Reply

Your email address will not be published.