Lifestyle

Tak Hanya UAS, Prabowo-Gatot Nurmantyo Pernah Ditolak AS


Jumat, 20 Mei 2022 – 10:10 WIB

VIVA – Wakil Menteri Agama Republik Indonesia Zainut Tauhid Sa’adi merasa ikut prihatin atas kejadian yang menimpa Ustaz Abdul Somad (UAS), yang ditolak masuk ke Singapura oleh pihak imigrasi setempat beberapa hari lalu. 

“Semoga beliau bisa mengambil hikmah dari peristiwa tersebut,” ujar Zainut Tauhid kepada VIVA di Jakarta, Jumat, 20 Mei 2022. 

Kejadian seperti itu, ia menjelaskan, sebenarnya sering juga menimpa orang lain. Misalnya Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo pernah tidak diizinkan masuk ke Amerika Serikat sewaktu beliau ingin menghadiri kelulusan putranya di Boston pada tahun 2000. 

Hal serupa juga menimpa mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo ditolak masuk ke Amerika Serikat tahun 2017. 

“Dan saya kira masih banyak kejadian serupa yang menimpa warga negara Indonesia lainnya. Jadi menurut saya hal tersebut hal biasa dan tidak perlu dibesar-besarkan,” katanya. 

“Yang harus dipahami bahwa petugas imigrasi di berbagai negara termasuk Indonesia memiliki otoritas untuk menolak atau menerima warga asing untuk masuk wilayah suatu negara. Hal itu sepenuhnya menjadi kewenangan negara tersebut,” sambungnya. 

Indonesia sendiri melalui pihak Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Bandara Soekarno Hatta selama tiga bulan terakhir dari bulan Januari – Maret 2022 telah melakukan penolakan masuk 234 warga negara Asing (WNA) dari berbagai negara dengan berbagai alasan. 



Source hyperlink

Leave a Reply

Your email address will not be published.