Lifestyle

Seni Cukil Jadi Media Kampanye Ala WALHI Bali


Sabtu, 2 April 2022 – 12:30 WIB

VIVA –Wahana Lingkungan Hidup atau WALHI Bali kembali menggelar lokakarya sebagai metode kampanye lingkungan hidup.
Lokakarya kali ini memanfaatkan seni cukil sebagai media kampanye kreatif untuk aksi penyelamatan lingkungan hidup.
Gilang Pratama dari Divisi Kampanye Populer WALHI Bali memandu acara dengan memperkenalkan seni cukil beserta manfaatnya sebagai media gerakan sosial.

“Materinya tidak sekadar cukil, tapi juga penggunaan seni cukil untuk gerakan sosial, mengenalkan pejuang lingkungan hidup, termasuk juga sharing isu yang ada di Bali,” ujarnya Kamis, 31 Maret 2022. Acara tersebut dipandu dengan pengantar soal isu lingkungan hidup yang memanfaatkan seni cungkil diberbagai wilayah.

Praktek Cetak Cukil

WALHI Bali sendiri saat ini sedang menjajal isu proyek Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi, namun pada sesi lokakarya, isu tersebut bukan satu-satunya yang disuarakan di hadapan peserta. Selanjutnya para peserta diminta mengeksplorasi pengetahuan dan pemahamannya, kemudian menuangkan pada sebidang papan karet. Menggunakan sebuah alat besi tumpul berbentuk V, 15 peserta mencungkil dan menempelkan karyanya di kaos dan bingkai poster.

Seni Cukil

Seni Cukil

Photo :

  • VIVA/ Ni Putu Putri Muliantari/ Bali

“Dari gambar ini sepertinya ada isu yang mereka bawa, kita tidak mengarahkan langsung topiknya. Secara organik itu untuk mengecek ombak sejauh mana pemahaman peserta dan pandagan mereka tentang isu lingkungan hidup,” sambung pria asal Padang tersebut.

Isu Lingkungan Hidup



Source hyperlink

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close