Lifestyle

Segarnya Berbuka dengan Es Puter Conglik, Kuliner Legendaris Semarang


Minggu, 10 April 2022 – 18:07 WIB

VIVA – Manis dan segar. Itulah minuman yang banyak disukai untuk berbuka puasa. Bicara yang manis dan segar, minuman yang satu ini pastinya cocok sekali untuk menjadi alternatif hidangan pencuci mulut saat berbuka puasa. Namanya Es Puter Conglik.

Kedai es ini sudah buka sejak tahun 1944, yang membuatnya menjadi salah satu kuliner legendaris di Kota Semarang.

Es puter merupakan minuman yang cara membuatnya dengan mencampur adonan bahan es berupa santan, gula, garam, dan buah ke dalam tabung alumunium. Lalu direndam dan diputar-putar dalam es batu yang sudah dicampur garam sampai membeku jadi es. Proses memutar-mutar itulah yang membuatnya dijuluki es puter.

Menurut Siti, salah satu keluarga yang menjual es puter di kawasan dekat Simpang Lima, Semarang, nama Conglik berawal saat generasi pertama dulu berjualan keliling.

Es Puter Conglik.

“Dulu orang yang jualan keliling itu sebutannya kacong. Kebetulan waktu jaman itu es puter ini yang jualan masih kecil atau cilik. Orang-orang lalu memanggilnya kacong cilik, disingkat conglik. Ya terus jadi es conglik,” ungkap Siti.

Kalau ingin menikmati buka puasa dengan es puter Conglik, kedainya ada di kawasan pecinan dan di Jalan Ahmad Dahlan dekat Simpang Lima Semarang. Buka mulai jam lima sore. Jadi pas ya kalau mau berbuka puasa di sini.



Source hyperlink

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close