Politics

Santap Hidangan Lebaran dengan Cara Sehat, Ikuti 3 Pola Makan ala Nabi Muhammad


Suara.com – Nabi Muhammad SAW menjadi sosok teladan bagi umat muslim. Tak hanya mengajarkan hal-hal terkait hubungan non secular, Rasulullah juga memberikan contoh dalam menjaga kesehatan. 

Nabi Muhammad memang dikenal selalu menerapkan pola makan sehat untuk menjaga tubuh agar tetap bugar. Jadi, meski saat ini lebaran, bukan berarti bebas makan apa pun tanpa kenal batas.

Dikutip dari Ruang Guru, berikut pola makan sehat yang diajarkan Nabi Muhammad.

1. Berhenti Makan Sebelum Kenyang

Baca Juga:
4 Potret Tasya Kamila Lebaran di Amerika Serikat, Simpel Banget!

Ilustrasi Makan Buah-Buahan (freepik.com)
Ilustrasi Makan Buah-Buahan (freepik.com)

Nabi Muhammad SAW selalu mengajarkan untuk tidak makan sebelum lapar serta berhenti makan sebelum merasa kenyang. Beliau memberikan tuntunan bahwa kapasitas perut dibagi ke dalam tiga bagian, yaitu sepertiga untuk makanan (zat padat), sepertiga untuk minuman (zat cair), dan sepertiga lagi untuk udara (fuel).

Hal itu sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al-Qur’an Surat Al-A’raaf (7) ayat 31 yang berbunyi, “Makan dan minumlah, dan janganlah berlebihan-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.” 

Kebiasaan Nabi Muhammad itu merujuk pada ajaran Islam yang mengisyaratkan bahwa makan dan minum bertujuan menjaga kesehatan. Karena dengan badan yang sehat, segala aktivitas yang dijalankan, termasuk ibadah, dapat berjalan maksimal.

2. Mengawali Pagi dengan Minum Madu

Hal lainnya yang bisa dijadikan contoh dari kebiasaan Nabi Muhammad SAW di pagi hari adalah membuka menu sarapannya dengan segelas air dingin yang dicampur sesendok madu asli. 

Baca Juga:
Silaturahmi ke Sri Sultan Hamengku Buwono X, Ini Kata Jokowi Soal Kemacetan Panjang di Pelabuhan Merak Banten

Dalam Al-Qur’an, madu merupakan syifaa yang bisa menjadi obat untuk segala penyakit. Madu dapat berperan untuk membersihkan lambung, mengaktifkan usus-usus, dan menyembuhkan wasir serta peradangan. 

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS







Source hyperlink

Leave a Reply

Your email address will not be published.