Entertainment

Rajawali Laut Flight buka Navy Jazz Traffic Festival



Malang, Jawa Timur (ANTARA) – Atraksi Rajawali Laut Flight membuka gelaran Navy Jazz Traffic Festival yang digelar di Villa Navy Residence, di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu.

Perwira Staf Operasi Wing Udara 2 Puspenerbal TNI AL Mayor Laut (P) Rai Terianom di Kabupaten Malang, mengatakan bahwa ada delapan formasi yang ditampilkan oleh para pilot yang memiliki jam terbang tinggi tersebut.

“Ada delapan formasi, diantaranya delta, arrow, v, head to head, stingray, break attack dan lainnya. Ini merupakan area baru, sehingga harus lebih teliti di lingkungan sekitarnya,” kata Rai.

Rai menjelaskan, para pilot Rajawali Laut Flight Puspenerbal TNI AL menunjukkan kepiawaiannya mengendalikan Pesawat Beechcraft Bonanza G-36 produksi Amerika Serikat yang menjadi penanda dibukanya gelaran Navy Jazz Traffic Festival tersebut.

Baca juga: Pemprov DKI akan gelar penampilan musik dan dakwah di Lapangan Banteng

Penampilan udara enam unit pesawat tersebut memukau para penonton yang sudah mendatangi lokasi Navy Jazz Traffic Festival tersebut. Para pilot tersebut harus menghadapi sejumlah kesulitan pada saat terbang di atas lokasi tersebut.

“Kesulitannya, kami harus menyesuaikan kondisi lingkungan sekitar. Terutama cuaca, ketinggian, rintangan di sekitar sini. Sehingga, harus lebih ekstra hati-hati untuk menentukan lintasan-lintasan mana saja,” katanya.

Walau begitu, atraksi demonstrasi udara tersebut berjalan dengan lancar. Suksesnya atraksi itu juga berkat koordinasi apik para pilot, co-pilot di Pesawat Bonanza dan pengendali atau floor crew di space Navy Stage.

Selain pesawat jenis Beechcraft Bonanza G-36, ada pula pesawat udara Sasa 212 U-6205 yang ditumpangi penerjun Kopaska, dan satu unit Helikopter Bell 505.

Aksi Rajawali Laut Flight ditutup dengan manuver enam pesawat yang melesat bersama-sama, lalu memisahkan diri seperti kembang api atau dikenal dengan istilah boomburst. Rajawali Laut Flight merupakan tim atraksi demo udara penerbangan milik TNI-AL.

Pada Navy Jazz Traffic Festival 2022 yang digelar di wilayah Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang tersebut, menampilkan Dewa 19 feat Virzha, Tulus, Padi Reborn, Reza Artamevia, Barry Likumahuwa serta sejumlah artis lainnya.

Selain konser musik, Navy Jazz Traffic Festival juga menghadirkan berbagai kegiatan lain, yakni gelar produk UKM Jawa Timur dan artistic market, pameran Alutsista TNI AL dan demonstrasi penerjunan Pasukan Khusus Kopaska Koarmada II.

Event Jazz Traffic Festival tahun ini merupakan gelaran kesepuluh kalinya sejak tahun 2011, setelah sempat vakum pada tahun 2020 dan 2021 karena pandemi COVID-19.

Baca juga: Pertunjukan musik “Pestapora” akan berlangsung di September mendatang

Baca juga: Perhelatan pageant musik internasional kolaborasi pulihkan ekonomi

Baca juga: “Jelajahin Livin Sanur Fest” bantu bangkitkan pariwisata dan UMKM

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2022



Source hyperlink

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close