Lifestyle

Puluhan Situs Warisan Budaya dan Sejarah Rusak Akibat Perang Ukraina


Sabtu, 2 April 2022 – 04:30 WIB

VIVA – Puluhan bangunan gereja, situs bersejarah dan museum telah rusak karena perang di Ukraina, kata UNESCO pada Jumat 1 April 2022. Badan PBB itu mengatakan pihaknya juga khawatir dengan kondisi kota Chernihiv di utara.

Bulan lalu UNESCO mengatakan telah melakukan upaya perlindungan terhadap warisan budaya yang terancam hancur oleh invasi Rusia di Ukraina, salah satunya memasang “Perisai Biru” untuk menandai situs dan monumen budaya.

“Kami sangat prihatin dengan situasi kemanusiaan dan kondisi warisan (budaya). Peninggalan manusia berada dalam bahaya (di Ukraina),” kata Ernesto Ottone, asisten direktur jenderal kebudayaan UNESCO, dalam jumpa pers.

Kondisi Kota Irpin di pinggiran Kiev setelah dibombardir Rusia

Kondisi Kota Irpin di pinggiran Kiev setelah dibombardir Rusia

UNESCO membuat daftar awal situs yang rusak complete atau sebagian. Daftar pertama itu berisi 29 situs keagamaan, 16 gedung bersejarah, empat museum dan empat monumen.

Kepala UNESCO Audrey Azoulay menulis surat kepada Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pada awal Maret untuk mengingatkan bahwa Rusia menandatangani konvensi perlindungan warisan budaya di masa perang, kata badan tersebut.

Namun, surat itu belum mendapatkan respons hingga sekarang, kata UNESCO.



Source hyperlink

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close