News

Menteri PUPR Targetkan Jembatan Ngaglik Lamongan Rampung H-10 Lebaran


JawaPos.com – Menjelang mudik Lebaran 2022, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau langsung kesiapan jalan tol dan jalan nasional di Pulau Jawa. Salah satunya meninjau perbaikan Jembatan Ngaglik, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

“Saya mulai hari ini keliling untuk melihat kesiapan jalan nasional non-tol dan tol untuk mudik Lebaran 2022,” terang dia dalam keterangannya, Minggu (10/4).

Ia menyampaikan perkataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa mudik tahun ini antusiasmenya akan tinggi setelah 2 tahun tidak bisa mudik akibat Pandemi Covid-19. Diperkirakan sekitar 79 hingga 85 juta orang akan mudik.

“Tersebar ke berbagai daerah utamanya ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Diperkirakan 47 persen pemudik akan lewat darat,” kata Menteri Basuki.

Adapun, kerusakan yang terjadi pada Jembatan Ngaglik adalah patah girder akibat dilewati truk gandeng bermuatan melebihi kapasitas (Over Dimension dan Overload/ODOL). Saat ini, perbaikan penggantian girder dengan kekuatan menahan beban hingga 50 ton tengah dilakukan.

“Kegiatan utama perbaikan berupa pemasangan 5 girder sudah selesai. Tinggal memasang plat atau pekerjaan bagian atasnya. Mudah-mudahan H-10 Lebaran sudah bisa dibuka dan siap dilalui kendaraan pada tanggal 22 April 2022,” imbuhnya.





Source hyperlink

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close