Politics

Kok Bisa Suzuki Bikin Mobil Hybrid Harganya di Bawah Rp 300 Juta?


Jakarta

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi memperkenalkan kendaraan elektrik pertama mereka di Indonesia, Ertiga Hybrid. Tak hanya keunggulan berupa teknologi Hybrid yang diusung, varian baru Ertiga yang kadar emisinya lebih ramah lingkungan ini juga dibanderol cukup ‘terjangkau’ dengan harga di bawah Rp 300 jutaan. Lalu apa yang jadi pertimbangan SIS melabeli Ertiga Hybrid dengan kisaran harga itu?

Menurut 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Donny Ismi Saputra, Suzuki Indonesia sengaja menyeting harga Ertiga Hybrid di bawah Rp 300 juta karena memang segmen harga itu yang paling banyak diburu konsumen mobil di Indonesia. Segmen ini banyak volume-nya karena diisi oleh konsumen first buyer alias konsumen yang baru pertama kali membeli mobil.

“Kalau kita lihat saat ini, yang sudah dijual di Indonesia, kendaraan listrik full baterai, harganya di atas Rp 700 juta, sedangkan segmen terbesar di kendaraan roda empat itu adalah yang di bawah Rp 300 juta,” ungkap Donny kepada wartawan di Jakarta, Jumat (10/6/2022) kemarin.

“Kendaraan di bawah Rp 300 juta, sebagian besar pembelinya, sekitar 80% itu adalah first car buyer, artinya orang yang baru pertama kali ingin mempunyai mobil. Kalau kita bicara produk yang di harga Rp 700 juta itu lebih ke orang yang akan menambah mobil,” sambung Donny.

Suzuki All New Ertiga Hybrid sendiri sudah diproduksi di Indonesia dengan kandungan lokal atau local purchase mencapai lebih dari 80%. Bahkan mesin dan sistem transmisi mobil ini juga sudah dibuat secara lokal di pabrik Suzuki di Cikarang, Jawa Barat.

PT Suzuki Indomobil Sales resmi meluncurkan Ertiga Hybrid di Jakarta, Jumat (10/6). Mobil yang mengusung teknologi hybrid itu dijual dengan harganya yang cukup terjangkau.PT Suzuki Indomobil Sales resmi meluncurkan Ertiga Hybrid di Jakarta, Jumat (10/6). Mobil yang mengusung teknologi hybrid itu dijual dengan harganya yang cukup terjangkau. Foto: Pradita Utama

“Produk All New Ertiga (Hybrid) ini kami produksi di pabrik di Indonesia. Engine dan transmisi ini adalah murni bikinan pabrik kami di Cikarang. Dan walau produk ini baru kami luncurkan, kandungan lokalnya sudah lebih dari 80%. Ke depannya kami harap lebih tinggi lagi, karena saat ini kami sedang bekerja sama dengan para vendor kami, bagaimana kami supaya bisa melokalisasi part-part yang saat ini kami dapatkan dari luar,” sambung Donny.

“Nah, beberapa kombinasi faktor inilah yang membuat produk kami punya value lebih. (Dari) ketersediaan part, kecepatan mempersiapkan produk, layanan purnajual, dan rantai distribusi kami juga lebih cepat. Tentunya kami juga ikut membantu secara overall harapan kami di kondisi ekonomi yang ada di Indonesia, lalu saat ini sesuai Perpres No. 15 Tahun 2019, berkaitan dengan Low Carbon Emission Vehicle (LCEV), disebutkan salah satunya adalah teknologi elektrifikasi di Hybrid. Dan kami ikut berperan serta aktif terhadap anjuran tersebut,” bilang Donny.

Sebagai informasi, Suzuki All New Ertiga Hybrid tersedia dalam pilihan transmisi manual (MT) 5 percepatan dan otomatis (AT) 4 percepatan dengan dua tipe yaitu GX dan Suzuki Sport.

Berikut harga On The Road All New Ertiga Hybrid untuk wilayah Jakarta bulan Juni 2022:

– All New Ertiga Hybrid SS-AT: Rp 292.300.000

– All New Ertiga Hybrid SS-MT: Rp 281.300.000

– All New Ertiga Hybrid GX-AT: Rp 281.300.000

– All New Ertiga Hybrid GX-MT: Rp 270.300.000

Simak Video “Ini Motor yang Disuntik Mati di RI Sepanjang Tahun 2021
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.