News

Ketua DPR Resmikan Proyek Sambungan Rumah Air Bersih di Wonogiri


JawaPos.com – Ketua DPR RI Puan Maharani akan meresmikan proyek sambungan rumah air bersih di Desa Gendayakan, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Selasa (26/4). Pasalnya selama puluhan tahun, warga Desa Gendayakan dan sekitarnya kesulitan air bersih.

“Masyarakat Desa Gandayakan selama ini sangat kesulitan air karena berada di kawasan kering dan berbatu gamping. Kita bersyukur pengerjaan proyek air bersih sudah selesai sehingga ke depan dapat membantu kehidupan sehari-hari warga,” kata Puan, Selasa (26/4).

Puan Maharani berharap, pembangunan sarana air bersih di Desa Gendayakan bisa memberi manfaat untuk warga. Menurutnya, sarana air bersih tersebut bisa terbangun karena gotong royong semua pihak baik dari Pemda, Perguruan Tinggi, dan warga.

“Harapannya warga Desa Gendayakan tidak perlu lagi berjalan jauh hanya untuk mendapatkan akses air bersih. Dan juga tidak perlu lagi mengandalkan air tanki bantuan,” ucap Puan.

Puan mengutarakan, sebelum peresmian proyek sambungan rumah air bersih di Desa Gendayakan, sejumlah terobosan pengadaan air bersih sudah dilakukan. Diantaranya adalah pengeboran sungai bawah tanah dan pemanfaatan sumber air yang sudah dinikmati sebagian warga Desa Gunturharjo dan Gudangharjo.

Masalah akses air bersih yang belum merata, sudah menjadi perhatian sejak masih menjabat menjadi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK). Puan menyebut, pentingnya menjaga kelestarian sumber air, terutama di wilayah-wilayah dengan geografis yang sulit air. Saat itu, Puan menggencarkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Muhammad Ridwan





Source hyperlink

Leave a Reply

Your email address will not be published.