Sports

Karate Indonesia siap persembahkan tiga emas SEA Games Vietnam



Jakarta (ANTARA) – Tim nasional karate Indonesia siap mempersembahkan tiga medali emas dalam SEA Games 2021 Vietnam yang akan digelar di Ninh Binh, Vietnam, 12-23 Mei mendatang.

Pelatih tim nasional karate Indonesia kategori kumite, Yuni Adi Putra Warang, mengatakan goal tiga emas itu sudah sesuai dengan perhitungan berdasarkan peta kekuatan lawan dari negara-negara Asia Tenggara.

“Secara keseluruhan target kami tiga emas di SEA Games Vietnam. Tapi tidak menutup kemungkinan bisa bertambah,” kata Yuni Adi dalam keterangan tertulis yang dikutip pada Selasa.

Tim karate Indonesia akan menerjunkan 19 orang, terdiri atas sembilan putri dan 10 putra, yang akan turun pada nomor kata individu, kata tim, dan kumite.

“SEA Games ini kami full team dan yang turun kombinasi atlet senior dan junior. Kami optimistis bisa memenuhi target tiga emas,” ujarnya.

Menurut Yuni Adi, peluang tersebut bisa terpenuhi apabila melihat hasil tim karate Indonesia saat turun di Kejuaraan Karate Asia Tenggara (SEAKF) 2022 di Kamboja ketika Merah Putih membawa pulang lima emas, tiga perak dan enam perunggu.

“Jadi, artinya tim ini sudah siap semuanya, hanya ada beberapa evaluasi yang harus dibenahi. Kami terus mempersiapkan, sejauh ini tim tuan rumah dan Malaysia harus kita waspadai,” jelasnya.

Manajer Karate Indonesia Yusran menambahkan bahwa timnya dijadwalkan untuk melakukan uji tanding melawan tim karate Kazakhstan dan Australia di Jakarta guna meningkatkan performa tim menjelang multievent dua tahunan itu.

Yusran menyebut persiapan tim karate saat ini sudah mencapai 90 persen dan siap memenuhi goal tiga emas di SEA Games 2021.

“Mereka nanti akan datang ke sini dan kami akan berangkat (ke Vietnam) tanggal 15 Mei,” ucapnya.

Pada SEA Games 2019 di Filipina, karate Indonesia finis di posisi keempat klasemen perolehan medali dengan dua emas, tiga perak, dan empat perunggu. Dua emas tersebut diraih pada nomor kata individu putra melalui Ahmad Zigi Zaresta dan kata individu putri lewat Krisda Putri Aprilia.

Berikut daftar karateka yang akan turun di SEA Games 2021 Vietnam:

Putri:

Krisda Putri Aprilia (Kata Individu)

Emilia Sri Hanandyta (Kata Tim)

Dian Monika (Kata Tim)

Anugrah Nurul Lucky (Kata Tim)

Ririhena Sharon Verlina (Kumite -50kg)

Cok Istri Agung S (Kumite -55kg)

Devina Dea (Kumite -61kg)

Ceyco Georgia H. (Kumite -68kg)

Dessynta (Kumite +68)

Putra:

Ahmad Zigi Zaresta Y. (Kata Individu)

Andi Tomy Aditya M. (Kata Tim)

Albiadi (Kata Tim)

Andi Dasril Diwi D. (Kata Tim)

Ari Saputra (Kumite -55kg)

Nurhalim Arlendi (Kumite -60kg)

Tebing Hutapea (Kumite -67kg)

Ignatius Joshua Kandou (Kumite -75kg)

Claudio F. Nenobesi (Kumite -84kg)

Sandi Firmansyah (Kumite +84kg)

Baca juga: Timnas karate uji tanding lawan Kazakhstan jelang SEA Games Hanoi

Baca juga: Darly Siregar jabat Wakil Presiden Federasi Karate Asia Tenggara

Baca juga: Timnas karate punya bekal penting hadapi SEA Games Hanoi

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2022



Source hyperlink

Leave a Reply

Your email address will not be published.