News

Kapal Induk Tiongkok Lintasi Selat Taiwan, Dibuntuti Kapal Perang AS


JawaPos.com – Sebuah kapal induk Tiongkok terlihat melintasi Selat Taiwan pada Jumat, dibuntuti oleh sebuah kapal penghancur rudal Amerika Serikat, menurut seorang sumber, beberapa jam sebelum presiden AS dan Tiongkok melakukan pembicaraan.

Sumber itu, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, mengatakan kepada Reuters kapal induk bernama Shandong itu berlayar mendekati pulau Kinmen yang dikuasai Taiwan, yang berada persis di seberang kota Xiamen, Tiongkok.

“Sekitar 10:30 pagi, CV-17 (Shandong) tampak di sekitar 30 mil laut barat daya Kinmen, dan dipotret oleh seorang penumpang penerbangan sipil,” kata sumber itu.

USS Ralph Johnson, sebuah kapal penghancur rudal berjenis Arleigh Burke, membuntuti kapal induk tersebut, yang tidak membawa pesawat di atas deknya dan berlayar ke utara melintasi selat itu, katanya menambahkan. ’’Taiwan juga mengerahkan kapal-kapal perangnya untuk mengawasi situasi,’’ kata dia.

Kementerian Pertahanan Taiwan menolak berkomentar. Namun, sumber itu mengatakan pasukannya selalu mengawasi aktivitas Tiongkok di Selat Taiwan dan merespons sesuai prosedur standar.

Juru bicara Angkatan Laut AS Lt Mark Langford mengatakan kapal Ralph Johnson telah “melakukan transit rutin di Selat Taiwan pada 17 Maret (waktu setempat) melalui perairan internasional sesuai undang-undang internasional”. Dia tidak menjelaskan lebih lanjut.

Editor : Dinarsa Kurniawan





Source hyperlink

Leave a Reply

Your email address will not be published.