Entertainment

Jadwal Imsak Selasa 26 April 2022 dan Tips Produktif Puasa Ala Quraish Shihab


Jadwal imsak ini merujuk pada pedoman Kementerian Agama yang telah membuat knowledge selama Ramadan 1443 H. Berikut jadwal imsak untuk Selasa 26 April 2022.

Dream – Berpuasa dengan segala aktivitas memang membutuhkan kesabaran dan energi yang lebih besar dibandingkan hari biasa. Namun di balik itu, bulan Ramadan adalah bulan kemuliaan yang akan memberikan keberkahan bagi mereka yang dapat tuntas puasa.

Pakar Tafsir Alquran, Prof. Quraish Shihab, saat wawancaranya bersama sang anak, Najwa Shihab, dalam program ‘Shihab & Shihab’ membagikan tipsnya bagaimana bisa tetap produktif di saat puasa.

Pertama, menurutnya puasa dapat mencapai hasil maksimal dengan mengedepankan daya pikir, daya hati atau kalbu, daya fisik, dan daya hidup.

“ Sumber daya manusia itu terdiri dari 4 daya, ada daya fikir, ada daya hati atau kalbu yang melahirkan emosi dan sebagainya. Ada daya hidup, daya hidup itu adalah daya yang menjadikan Anda mampu menghadapi tantangan, dan memberikan semangat,” kata Quraish.

Semua itu perlu perencanaan yang berkaitan dengan daya pikir. Kekurangan banyak orang saat berpuasa memang bersumber dari daya fisik, tetapi menurut Quraish daya fisik bisa meningkat ketika ada daya pikir, daya hati, serta daya hidup.

Kedua, bulan Ramadan juga disebut sebagai ajang introspeksi dan refleksi diri. Misalnya saja, apa kekurangan kita selama ini?

“ Apa yang harus saya lakukan setelah pasca bulan suci ini? Sehingga selepas Ramadan produktifitas seorang hamba menjadi lebih baik,” katanya.

1 dari 7 halaman

Ketiga, Quraish juga mengingatkan agar mengurangi menunda pekerjaan. Jangan sampai kita menjadi orang yang merugi. Ia menyebut sebuah hadis Rasulullah SAW tentang orang yang beruntung adalah orang yang lebih baik dari kemarin.

“ Orang yang hari ini lebih baik daripada kemarin dialah orang yang beruntung,” ungkap Quraish.

Keempat, Quraish menganjurkan orang yang berpuasa untuk menjauhi hal-hal kurang bermanfaat. Sebab, puasa bukan semata-mata menahan lapar dan haus, justru yang paling sulit adalah mengendalikan hawa nafsu.

“ Saat waktu longgar, seyogyanya bisa digunakan buat tadarus Alquran atau belajar yang lain,” pungkasnya.

Berikut ini jadwal imsak 24 Ramadan 1443 H atau Selasa, 26 April 2022 untuk kota Jakarta dan 4 kota lainnya.

2 dari 7 halaman

Jadwal Imsak Jakarta

Jadwal Imsak Jakarta© (Sumber: bimasislam.kemenag.go.id)

3 dari 7 halaman

Jadwal Imsak Mataram

Jadwal Imsak Mataram© (Sumber: bimasislam.kemenag.go.id)

4 dari 7 halaman

Jadwal Imsak Sabang

Jadwal Imsak Sabang© (Sumber: bimasislam.kemenag.go.id)

 

5 dari 7 halaman

Jadwal Imsak Ternate

Jadwal Imsak Ternate© (Sumber: bimasislam.kemenag.go.id)

6 dari 7 halaman

Jadwal Imsak Magelang

Jadwal Imsak Magelang© (Sumber: bimasislam.kemenag.go.id)

7 dari 7 halaman

Jadwal Imsak Seluruh Kota dan Jakarta Selama Ramadan 1443 H

Jadwal Imsak di seluruh kota Indonesia juga bisa diakses di laman Kementerian Agama.

jadwal imsak© (Sumber: Kementerian Agama RI)

 





Source hyperlink

Leave a Reply

Your email address will not be published.