Politics

Ingin Tes DNA Seperti Titi Kamal dan Christian Sugiono? Begini Prosedur dan Biayanya


Suara.com – Pasangan selebriti Titi Kamal dan Christian Sugiono baru-baru ini melakukan tes DNA bersama. Alasan keduanya lakukan tes DNA sekaligus untuk cek kesehatan genetik.

Bagi orang awam, tes DNA mungkin lebih diketahui untuk mengecek asal usul keturunan keluarga secara genetik. Tapi, lebih dari itu, lewat DNA sebenarnya bisa diketahui pula berbagai potensi penyakit hingga bakat alami seseorang.

“Sebetulnya tes DNA itu manfaatnya lebih luas. Itu semacam peta di dalam tubuh kita yang sudah terbentuk sejak lahir,” kata COO Asa Ren Muhammad Farhan Ghifarry, salah satu perusahaan yang memberikan layanan tes DNA, kepada suara.com, Jumat (4/3/2022).

Tes DNA dengan teknologi terbaru saat ini tak lagi memerlukan sampel darah. Farhan mengatakan, tes DNA saat ini cukup dengan sampel dari mukosa mulut yang diambil melalui pipi bagian kemudian digosok sebanyak 10 kali pada sisi kiri dan kanan.

Baca Juga:
Titi Kamal dan Christian Sugiono Lakukan Tes DNA, Apa saja Manfaatnya Selain Cari Tahu Asal Usul Keluarga?

Ilustrasi DNA (Shutterstock).
Ilustrasi DNA (Shutterstock).

Kemudian, sampel dimasukkan ke dalam tub sebagai penampungan DNA. Lalu dikirim ke laboratorium untuk dilakukan pemeriksaan.

Menurut Farhan, sampel tes DNA menggunakan mukosa dirasa lebih nyaman.

“Ini lebih nyaman, karena kalau darah mereka agak takut untuk disuntik. Kalau kita pakai ludah pun kita agak sedikit jijik melihat ludah kita sendiri. Jadi untuk mempermudah semua itu kita memakai swab sampel,” ujarnya.

Baik menggunakan sampel darah maupun mukosa sama-sama bisa menunjukkan hasil tes DNA yang akurat, lanjut Farhan. Biasanya hasil tes baru akan keluar selama 18-25 hari kerja. Di dalamnya akan terdapat kurang lebih 21 laporan mengenai hasil kesehatan, bakat, minat, hingga gaya hidup yang cocok dilakukan sesuai dengan genetik.

Lantaran mukosa diambil dari mulut, satu jam sebelum pengambilan sampel biasanya akan dilarang makan dan minum kecuali air mineral.

Baca Juga:
9 Potret Mertua Bule Titi Kamal, Momen Langka Setelah Lama Tak Bertemu

“Kalau minum kopi, teh itu nggak boleh karena bisa terkontaminasi sampel yang ada di dinding mukosa,” jelasnya.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.