Politics

Harga Pertamax Naik, Jangan Buru-buru Ganti ke BBM yang Lebih Murah


Jakarta

Kenaikan harga BBM Pertamax menjadi Rp 12.500 per liter membuat sebagian pengendara berpikir untuk menggunakan BBM dengan harga lebih murah. Di bawah Pertamax, memang ada dua varian BBM dengan harga lebih murah yakni Premium dan Pertalite.

Untuk Premium, bisa dibilang saat ini ketersediaannya terbatas. Sedangkan Pertalite merupakan BBM yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Pertalite dengan angka oktan 90 dijual Rp 7.650 per liter, wajar kalau pengendara berpikir untuk beralih. Sekadar gambaran, untuk mengisi 20 liter BBM jika menggunakan Pertamax maka akan menghabiskan Rp 250.000. Sementara pengendara hanya perlu mengeluarkan Rp 153.000 untuk membeli Pertalite dengan jumlah 20 liter.

Tapi bagi Anda yang sebelumnya menggunakan Pertamax, ada baiknya jangan terburu-buru untuk beralih menggunakan BBM dengan kadar oktan lebih rendah. Mengutip laman Suzuki Indonesia, setiap mesin punya nilai kompresi yang berbeda.

Umumnya sudah disesuaikan dengan bahan bakar yang ada di pasaran. Nah saat bahan bakar yang biasa digunakan ini diganti, otomatis mesin akan menyesuaikan kembali kompresinya.

Bila Anda hanya mengganti satu kali karena kondisi darurat, mungkin bukan jadi masalah. Tapi kalau BBM sering diganti dikhawatirkan membawa dampak buruk ke mesin.

Bila Anda ingin mengganti BBM, baiknya dilakukan secara konsisten. Sebelum mengisi BBM baru, habiskan dulu bahan bakar yang ada di dalam tangki. Setelahnya baru isi dengan BBM yang Anda pilih.

Ingat, sebelum mengganti BBM Anda tetap harus mengacu pada rasio kompresi mesin. Tak lupa mengikuti anjuran pabrikan yang terdapat pada buku handbook.

Menggonta-ganti BBM dalam waktu singkat bisa memberikan dampak buruk pada mesin kendaraan. Belum lagi performa kendaraan jadi tak optimum. Ada beberapa kasus ditemui, kebiasaan menggonta-ganti BBM itu juga bisa membuat kendaraan sulit dinyalakan.

Simak Video “Ini Harga BBM RON 92 di Beberapa Negara ASEAN, RI Paling Murah
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)



Source hyperlink

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close