News

Hadapi Transisi Zero Emisi, Institut Teknologi PLN Buat 3 Langkah Cetak SDM Bidang Tekno-Energi



Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTAInstitut Teknologi PLN (IT PLN) melaksanakan Dies Natalis ke-24 bertema ‘Berkolaborasi dan Bersinergi Membangun Negeri’ di Gedung IT PLN, Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat (1/4/2022).

Dalam kesempatan tersebut, rektor IT PLN Iwa Garniwa menyebut bahwa civitas akademik kampus IT PLN akan menghadapi tantangan perubahan energi di masa mendatang.

Tantangan tersebut perlu dijawab dengan menjalin sinergitas antar pemerintah, pihak swasta dam lembaga pendidikan.

“Kita ingin IT PLN jadi perguruan tinggi yang modern, unggul di bidang teknologi dengan berwawasan lingkungan,” kata Iwa dalam keterangannya, Jumat.

Memasuki usia ke 24 tahun ini, Iwa menyebut mahasiswa di IT PLN harus siap menghadapi tantangan ke depan. Terlebih saat ini tengah berkembang transisi energi menuju zero emisi.

“Kita sedang transisi energi dan akan menuju zero emisi, kita selaku pencetak sumber daya manusia harus siap meghadapi momentum itu di 24 tahun ini,” kata Iwa.

Baca juga: Saat Pandemi, PLN Berhasil Pangkas Utang Rp 51 Triliun

Sebagai bentuk persiapan menghadapi tantangan tersebut, disusun program jangka pendek, menengah, dan panjang. Langkah pertama, bersinergi dengan seluruh komponen inner IT PLN.

Kemudian, membangun infrastruktur SDM. Selanjutnya, mendorong para mahasiswa dan dosen untuk berkarya melalui masyarakat lewat riset-riset yang telah dilakukan.

“Langkah menengah adalah membangun infrastruktur SDM seperti, dosen kita kurang S3 ya kita sekolahkan, kemudian kita harus melakukan penelitian dan melakukan pengabdian kepada masyarakat,” kata Iwa.

Dengan program tersebut Iwa meyakini lulusan IT PLN mampu menghadapi tantangan perubahan energi yang dibutuhkan masyarakat.

Semisal, inovasi mobil listrik dari mahasiswa Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi IT PLN yang sedang ikut kompetisi ajang ‘Formula Racing Electric Students Championship 2022’ di Indonesia International Motor Show (IIMS) Kemayoran.

“Saat ini kita harus bijak menggunakan energi dan jangan sungkan menggunakan energi baru terbarukan karena kita harus mewariskan kepada generasi mendatang lingkungan yang sehat dan hijau,” ungkapnya.





Source hyperlink

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close