Lifestyle

Gunung Anak Krakatau Siaga, BMKG Imbau Pemda Siapkan Tempat Evakuasi


Selasa, 26 April 2022 – 09:20 WIB

VIVA – Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengimbau seluruh pengelola usaha dan pemerintah daerah serta masyarakat untuk siaga setelah Gunung Anak Krakatau (GAK) berstatus Level 3.

Kendati demikian, Dwikorita menegaskan imbauan tersebut bukan berarti waktunya melakukan evakuasi atau fase kedaruratan, namun siaga mempersiapkan evakuasi untuk menghadapi kemungkinan terburuk dari kondisi tersebut.

“Jadi bukan pada level evakuasi, bukan sama sekali, tapi memberikan informasi ke semua pihak baik pengelola pelayaran, pengelola hotel, ada pemerintah daerah, kepada masyarakat bahwa mulai siap siaga. Yang artinya misalnya sudah siapkan dan evakuasi, siapkan tempat evakuasi dicek, karena kalau lama enggak dipakai terakhir 2018, rambunya mungkin sudah pada hilang,” kata Dwikorita dalam keterangan pers daring, Senin malam, 25 April 2022.

(Ilustrasi) Gunung Anak Krakatau menghembuskan abu vulkanik.

(Ilustrasi) Gunung Anak Krakatau menghembuskan abu vulkanik.

Mantan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) ini meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat perlu memasang kembali rambu-rambu evakuasi dan shelter yang sudah tidak jelas terlihat oleh masyarakat.

Kemudian untuk mempersiapkan jaringan komunikasi, meskipun peralatan untuk memantau aktivitas Anak Krakatau sudah canggih. Sebab tanpa jaringan tersebut maka penyampaian informasi akan terhambat.

Saat ini BMKG bersama sejumlah institusi mempersiapkan VSAT satelit untuk jaringan komunikasi apabila terjadi bencana akibat aktivitas Anak Krakatau.



Source hyperlink

Leave a Reply

Your email address will not be published.