Business

G20 dorong kerangka kerja untuk keuangan transisi



Ini termasuk tentang kerangka transisi, studi kasus, dan komitmen lembaga keuangan, yang berfokus pada praktik pasar

Jakarta (ANTARA) – Pertemuan Sustainable Finance Working Group (SFWG) kedua di bawah Presidensi G20 Indonesia mendorong pengembangan kerangka kerja untuk keuangan transisi dan meningkatkan kredibilitas komitmen lembaga keuangan.

“Ini termasuk tentang kerangka transisi, studi kasus, dan komitmen lembaga keuangan, yang berfokus pada praktik pasar,” kata Kepala Pusat Kebijakan Pembiayaan Perubahan Iklim dan Multilateral Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Dian Lestari di Jakarta, Sabtu.

Tak hanya itu SFWG juga mendorong peningkatan instrumen keuangan berkelanjutan untuk memperkuat aksesibilitas dan keterjangkauan, termasuk tentang akses ke pasar keuangan berkelanjutan international.

Pembahasan instrumen keuangan berkelanjutan juga termasuk mekanisme pengurangan risiko serta mengatasi kesenjangan pengetahuan, terutama bagi pemangku kepentingan terkait di negara berkembang dan UKM.

“SFWG turut membahas kemajuan G20 Sustainable Finance Roadmap,” ujar Dian.

Berbagai hal itu merupakan kelanjutan dari pertemuan pertama SFWG yang dilaksanakan pada Januari dan Pertemuan Pertama Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral pada Februari 2022.

Baca juga: Pemimpin keuangan G20 bahas inflasi dan kebijakan moneter lebih ketat

Dian menjelaskan pengembangan kerangka keuangan transisi dimaksudkan untuk membantu potensi pasar keuangan dalam mendukung transisi menuju keberlanjutan.

Sementara peningkatan kredibilitas komitmen lembaga keuangan dilakukan dengan menetapkan praktek terbaik implementasi net-zero dan komitmen terkait.

Secara rinci Dian mengatakan agenda prioritas SFWG memiliki dua fokus workstream yaitu Workstream 1 terkait pendalaman elemen-elemen kunci untuk mengembangkan prinsip-prinsip sukarela atau voluntary rules.

Kemudian Workstream 2 yakni meningkatkan instrumen keuangan berkelanjutan dengan fokus pada peningkatan aksesibilitas dan keterjangkauan.

Menurutnya, workstream ini sejalan dengan tujuan untuk menyiapkan rekomendasi dan opsi sukarela tentang upaya perusahaan lintas yurisdiksi terutama di negara berkembang dan UKM dapat mengakses pasar keuangan hijau dan berkelanjutan yang terjangkau.

SFWG di bawah G20 memainkan peran penting dalam mempromosikan dan memajukan kerangka kerja serta peta jalan G20 untuk keuangan inovatif dan berkelanjutan.

Baca juga: IFAWG G20: Wujudkan kesetaraan dan stabilitas keuangan setiap negara

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2022



Source hyperlink

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close