Lifestyle

Fakta Virus Hendra dari Australia yang Wajib Diketahui


Jumat, 20 Mei 2022 – 15:51 WIB

VIVA – Virus Hendra dilaporkan muncul di Australia di tengah-tengah merebaknya kasus hepatitis akut yang misterius. Berdasarkan penyelidikan yang dilakukan oleh para peneliti, virus tersebut teridentifikasi pada urine kelelawar buah dan bisa memicu kematian. 

Varian baru dari virus Hendra atau disebut HeV-g2 ini berpotensi menyebar luar di seluruh Australia dan mematikan. Virus tersebut terdeteksi pada seekor kuda yang mati pada Oktober 2021 lalu di dekat Newcastle di New South Wales. 

Lantas, apa itu virus Hendra dan apa saja hal penting mengenai virus tersebut yang perlu diketahui? Mengutip dari laman situs NSW Government, berikut ini fakta virus Hendra. 

Tentang virus Hendra

Virus Hendra merupakan virus yang menginfeksi kelelawar buah besar (flying fox) dan virus tersebut bisa menyebar dari rubah terbang ke kuda dan kuda kemudian dapat menularkannya kepada manusia. Virus tersebut bisa menular kepada manusia yang berkontak sangat dekat dengan kuda yang terinfeksi.

Virus ini diketahui tidak menular pada spesies hewan yang lain. Infeksi virus Hendra telah dikonfirmasi pada dua anjing di properti di mana kuda telah terinfeksi virus Hendra. Namun kedua anjing tersebut tidak menunjukkan tanda-tanda sakit. Jadi, tidak ada bukti virus Hendra terjadi secara alami pada spesies lain. Virus Hendra sendiri ditemukan setelah wabah penyakit di kandang balap besar di pinggiran Hendra, Brisbane pada tahun 1994.

Gejala virus Hendra 



Source hyperlink

Leave a Reply

Your email address will not be published.