Lifestyle

Dokter hewan sarankan tunggui “anabul” saat “grooming”



Tidak semua kutu langsung terlihat

Jakarta (ANTARA) – Para pemilik anak bulu alias anabul yang rajin mengantar piaraannya ke salon untuk grooming disarankan untuk menunggui agar kucing atau anjing bisa segera pulang ketimbang menitipkan mereka berjam-jam di salon.

“Jangan tinggalkan hewan peliharaan saat grooming, lebih baik ditunggui,” kata drh. Kurnia Suanda di acara peresmian Lush Pets Co x Liberta Deli, Pantai Indah Kapuk, Jakarta, Jumat.

Kurnia mengatakan, ada masalah kesehatan pada hewan piaraan yang dibiarkan terlalu lama di tempat grooming menunggu dijemput oleh sang pemilik. Risiko yang bisa terjadi adalah tertular kutu hingga virus yang tak kasat mata.

Baca juga: Puluhan kucing dan anjing divaksin anti rabies di Pondok Kelapa

“Tidak semua kutu langsung terlihat, ada stage tertentu yang tidak terlihat, seperti saat masih jadi telur,” katanya.

Jika anabul berdekatan dengan hewan lain yang kebetulan membawa virus atau kutu dalam waktu panjang, dikhawatirkan hewan piaraan bisa tertular. Tak hanya itu, kucing atau anjing yang baru dimandikan dan dirawat di salon direkomendasikan segera pulang ke rumah yang nyaman karena proses “grooming” dapat membuat anabul stres, sehingga imunitasnya turun.

“Karena kasus permasalahan setelah grooming banyak, mending ditunggui, pilih antrean yang cocok jadwalnya,” pesan dia.

Gerai makanan, produk hingga perawatan hewan Lush Pets Co baru meresmikan toko di Pantai Indah Kapuk dan berkolaborasi dengan kafe Liberta Deli, restoran Italia yang sudah beroperasi di Sudirman, Jakarta.

Pendiri Lush Pets Co, Natassya Wijaya, mengatakan kolaborasi kedua industri ini akan membawa pengalaman baru yang belum pernah dieksplorasi sebelumnya bagi pelanggan di pasar Indonesia.

Baca juga: Willow, kucing baru di Gedung Putih

Toko tersebut fokus kepada produk berbahan alami untuk hewan peliharaan yang berasal dari lokal, tapi sebagian besar diimpor dari Jepang, Amerika Serikat, dan Kanada.

Ide membuat toko yang menjual produk berbahan alami dan berkualitas muncul saat dia memboyong anjing peliharaannya dari Amerika Serikat. Tantangan mendapatkan makanan yang sesuai untuk sang anabul membuatnya mencari hingga ke luar negeri. Akhirnya ia memutuskan untuk mengimpor produk-produk alami untuk hewan piaraan dan menawarkannya kepada para pencinta anabul di Indonesia.

Toko ini juga menyediakan layanan grooming untuk anjing dan kucing oleh tenaga profesional, menggunakan produk alami. Sebelum anjing atau kucing dimandikan, dokter hewan dan tenaga kesehatan dari toko itu akan terlebih dahulu memeriksa hewan peliharaan secara menyeluruh. Jika dibutuhkan perawatan khusus, tenaga ahli akan merekomendasikan tindakan terbaik.

Layanan grooming terletak di lantai dua toko, di mana dibuka juga gerai Liberta Deli yang fokus menyajikan kopi, gelato juga roti yang bisa dinikmati pemilik anabul sembari menunggu piaraannya selesai dirawat. Terdapat beberapa sajian yang hanya tersedia di Liberta Deli Pantai Indah Kapuk 2, yaitu Liberta’s signature Guava Cheese Rolls, Portugese Egg Tarts, dan Fizzy Pineapple Coffee yang merupakan modifikasi trendy dari cita rasa Italia.

Baca juga: Studi: Kucing bisa mengenali nama sesama “anabul”

Baca juga: Lebaran, jasa penitipan kucing akan kebanjiran order

Baca juga: Kucing juga bisa “staycation” di Singapura

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022



Source hyperlink

Leave a Reply

Your email address will not be published.