Lifestyle

Doa Sholat Taubat dan Waktu Pelaksanaan Sholat yang Mustajab


Sabtu, 2 April 2022 – 01:32 WIB

VIVA – Doa sholat taubat berikut ini wajib kamu ketahui jika ingin melaksanakan sholat taubat. Sholat taubat merupakan sholat sunnah dalam rangka bertaubat kepada Allah SWT. Bagaimana bacaan doa sholat? Simak ulasannya berikut ini, lengkap dengan tata cara sholat taubatdan keutamaannya yang telah VIVA rangkum dari berbagai sumber.

Setiap manusia tentu pernah melakukan kesalahan dan dosa. Bahkan, setiap hari pun manusia bisa melakukan dosa, baik dosa kecil maupun dosa besar. Dosa-dosa kecil bisa dihapus dengan istighfar. Sementara dosa-dosa besar, tidak cukup hanya dengan istighfar. Dosa besar bisa ditembus melalui taubatan nasuha. Salah satu bentuknya yaitu dengan sholat taubat.

Dengan mengerjakan Sholat Taubat ini, seorang hamba bisa mengakui kesalahan dan dosanya, berazzam tidak akan mengulanginya, merasa hina diri di hadapan Sang Pencipta, memohon ampun dengan kesungguhan dan keyakinan bahwa Allah Maha Penerima Taubat.

Sebagaimana firman berikut ini, yang artinya: “Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menzhalimi diri sendiri, (segera) mengingat Allah, lalu memohon ampunan atas dosa-dosanya, dan siapa (lagi) yang dapat mengampuni dosa-dosa selain Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan dosa itu, sedang mereka mengetahui.” (QS. Ali Imraan : 135)

Syarat Diterimanya Taubat

Ilustrasi taubat.

Sholat taubat bisa diterima asal memenuhi 3 syarat berikut ini. Imam Nawawi dalam kitabnya Riyadhus Shalihin menyampaikan jika kemaksiatan terjadi antara seorang hamba dan Allah SWT (artinya tidak ada hubungannya dengan hak orang lain), maka untuk bertaubat kepada Allah harus memenuhi tiga syarat:



Source hyperlink

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close