News

Deteksi Pasien Hepatitis Misterius, Ini yang Dilakukan Dokter


JawaPos.com – Hepatitis akut misterius hingga saat ini belum diketahui penyebabnya. Pasien saat diperiksa bakal negatif hepatitis A, B, C, D, dan E. Pasien yang datang umumnya mengalami gangguan gastrointestinal atau pencernaan, maka harus waspada misalnya seperti mual dan muntah hingga diare.

Masyarakat diminta untuk segera membawa anak-anak mereka ke fasilitas kesehatan begitu sudah mengalami gejala awal tersebut. Jangan sampai tunggu gejala lanjutan seperti sakit kuning atau kesadaran menurun.

“Jangan sampai tunggu anak sampai kuning seluruhnya apalagi kejang lalu kesadaran menurun hingga akhirnya harus masuk ICU,” kata Direktur RS Pusat Infeksi Sulianti Saroso (RSPI) dr. Mohammad Syahril dalam konferensi pers bersama Kementerian Kesehatan, Jumat (13/5).

Untuk mendeteksi pasien hepatitis misterius, ada beberapa pemeriksaan yang harus dilakukan dokter. Salah satu tandanya adalah pemeriksaan enzim hati di atas regular.

“Begitu pemeriksaan enzim hati SGOT dan SGPT di atas 500 500 IU/L maka ini menjadi bagian atau tanda-tanda dari hepatitis akut,” katanya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani





Source hyperlink

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close