Entertainment

Bongkar Pasang Personel Dewa 19, Ahmad Dhani: Saya dan Andra Playmaker!


Jakarta

Siapa yang tak kenal Dewa 19? Band yang digawangi Ahmad Dhani itu telah berdiri selama 30 tahun dan berjaya di industri musik Tanah Air.

Perjalanan Dewa 19 tentu sangat panjang sejak dibentuk pada 1987.

Pasang surut kesuksesan hingga harus bongkar pasang personel pun kerap dirasakan Dewa 19 sejak 1998. Pada saat itu, pertama kali Dewa 19 harus mengganti vokalisnya dari Ari Lasso menjadi Once Mekel.

Dari tahun ke tahun, Dewa 19 semakin menemukan kejayaannya. Namun, personelnya pun semakin terkikis.

Saat ini, Dewa 19 dijalani oleh empat orang personel inti. Dua di antaranya adalah pemain lama, yaitu Ahmad Dhani dan Andra Ramadhan.

Saat ditemui di kawasan Kebagusan, Jakarta Selatan, Ahmad Dhani mengaku saat ini hanya dia dan Andra Ramadhan-lah yang jadi playmaker di Dewa 19. Keduanya adalah personel terlama sejak Dewa 19 dibentuk.

“Menurut saya, 30 tahun (usia lagu Kangen) ini wajib dirayakan karena tidak mudah. Khususnya saya sama Andra yang sudah benar-benar 30 tahun,” ujar Ahmad Dhani.

“Andra sama saya playmakernya di Dewa 19,” tegas Ahmad Dhani.

Selanjutnya, Ahmad Dhani pun mulai mengenang para personel Dewa 19 yang lainnya. Tentu personel yang keluar maupun bergabung bersama Dewa 19. Yuke Sampurna salah satunya.

Ahmad Dhani mulai mengenang bergabungnya Yuke di dalam Dewa 19. Diketahui, Yuke adalah bassis yang sudah 20 tahun bergabung dan ikut membesarkan nama Dewa 19.

“Kalau sama Yuke sudah 20 tahun ya. Gila lama juga ya, Yuk,” tutur Ahmad Dhani pada Yuke.

“Sama Yuke, pemain bass 20 tahun dan Agung sudah menjadi drummer sejak 2007, 15 tahun berarti,” lanjutnya.

Singkat cerita, selama 30 tahun Dewa 19 sudah tiga kali mengganti drummernya. Sekarang, Agung Yudha Asmara-lah drummer yang paling lama berjalan bersama Dewa 19.

Lalu Ahmad Dhani pun membahas soal hengkangnya Ari Lasso dari Dewa 19 pada 1998. Bagi Ahmad Dhani, Ari Lasso masih bagian terpenting dari Dewa 19 hingga saat ini.

Sejak terbentuknya Dewa 19 sampai 1998, Ari Lasso dianggap memberikan dampak yang nyata untuk kelangsungan grup band asal Surabaya itu. Hingga kini figur Ari Lasso masih erat kaitannya dengan Dewa 19.

“Selama perjalanan itu Ari Lasso resign tahun 1998. Terus 1999 ganti Once. Ari Lasso itu dari awal ya. Ari lasso memang nggak 30 tahun (bersama Dewa 19), tapi dia berhak merasakan bermusik selama 30 tahun ini. Ari lasso cuma 6 tahun di Dewa, tapi dampaknya jelas,” papar Ahmad Dhani.

Kini Dewa 19 dapat dikatakan lintas generasi. Bagaimana tidak, Dewa 19 kini dengan percaya diri mengajak Ello dan Virzha menjadi vokalis.

Penegasan dari Ahmad Dhani, hadirnya Ello dan Virzha memang juga untuk menarik remaja untuk ikut menikmati musik Dewa 19. Ini juga menjadi salah satu cara Dewa 19 mempertahankan eksistensinya.

“Seiring berjalannnya waktu, tahun 2021 sama (merekrut) Virzha. Lalu ada Ello. Kalau tanya perekrutan ya Dewa 19 memang sedang membutuhkan vokal-vokal,” tutur Ahmad Dhani.

Simak Video “Virzha dan Ello Bakal Ikut Rangkaian Tur Konser Dewa 19
[Gambas:Video 20detik]
(pig/mau)



Source hyperlink

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close